Apa itu hukum kesehatan ?

Semua hal didalam Negara yang berbentuk hukum juga mempunyai peraturan dan mengandung hukum setiap tindakannya tak terkecuali tentang kesehatan . kesahatan sendiri adalah keadaan sejahtera dari badan , jiwa dan social yang membuat seseorang hidup secara produtif secara social dan ekonomi dan diberlakukannya sebuah aturan yang dapat menjamin oleh pihak pihak yang bersangkutan . Nah , aturan inilah yang disebut sebagai hukum kesehatan merupakan aturan yang mencakup pada penyelenggarakan kesehatan baik dari pelayanan kesehatan , penyediaan kesehatan , tenaga kesehatan dan sarana kesehatan .

Arti dari tenaga kesehatan sendiri adalah setaip individu atau orang yang telah mengabaikan dirinya sneidri dalam bidang kesehatan serta memiliki kemampuan dan ketrampilan yang bisa didapat melalui pendidikan dibidang kesehatan tentunya dan memiliki kewenangan dalam melakukan segala upaya yang berhubungan dengan kesehatan  . Maksud mengupayakan kesehatan sendiri itu sebuah sarana kesehatan yang dapat dipergunakan untuk emlakukan tindakan dan segala upaya bentuk kesehatan . ruang lingkup kedokteran sendiri terletak pada masalah keodkteran yang berkaitan dengan profesi kedokteran itu sendiri tetapi kedokteran masuk ke dalam runag lingkup kesehatan . hukum kedokteran termasuk kedalam hukum kesehatan .

READ  Gangguan Elektrolit Adalah Masalah Yang Berbahaya

Dilansir dari tesishukum.com Berbicara tentang hukum yang ada didalam kesehatan ada hukum kesehatan atau healthlau dan hukum kedokteran atau medical law yang hanya terletak diruang lingkupnya saja .  dari sinilah terdapat perundang undangan tentang bidang kesehatan yang dilatarbelakangi oleh adanya kebutuhan yang ada , yaitu :

  1. Pengatura pemberian jasa keahlian
  2. Tingkat kualitas keahlian tenaga kesehatan untuk masyarakat
  3. Keterarahan
  4. Pengendalian biaya
  5. Kebebasan warga masyarakat untuk menentukan kepentingan serta identifikasi kewajiban pemerintah
  6. Perlindungan hukum pasien
  7. Perlindungan hukum tenaga kesehatan
  8. Perlindungan hukum pihak ketika
  9. Perlindungan hukum bagi kepentingan umum

 

Bahkan kita ambil contoh saja lembaga yang mengatur asuransi atau baiya pengobatan di Indonesia yaitu BPJS atau badan penyelenggara jaminan social . memiliki landasan hukum bpjs kesehatan sendiri yaitu : undang undang dasar 1945 , undang undang nomer 40 tahun 2004 tentang sisten jaminan social nasional dan undang undang nomer 24 tahun 2011 tentang badan penyelenggara jaminan social . semua sudah berlandaskan hukum dan peraturan maka dari itu hukum kesehatan itu penting untuk mengatur yang ada . Bayangkan jika kita tidak ada hukum kesehatan pastia akan terjadi malpraktek disana , banyak orang yang meninggal . itulah menagapa kita harus bersyukur bertempat tinggal di Negara hukum . namun , sebenarnya masih banyak diindonesia terjadinya mal praktek ini , masalah kesehatan juga masih banyak diindonesia . hukum kesehatan membuat kedua belah pihak yaitu pihak pasien dan dokter sama sama mendapat perlindungan hukum seperti perbedaan malpraktik dan resiko medis ini juga sering berhubungan dengan hukum kesehatan karena banyak masyarakat yang salah faham mengartikan malpraktik dan resiko medis . padahal keduanya berbeda , malpraktik memang kejadian yang tidak bisa diduga dan biasanya karena keslahan dokter tidak melakukan SOP nya dengan baik sedangkan resiko medis itu bisa juga diartikan secara singkat adalah sebuah efek samping dari sebuah tindakan besar medis seperti operasi dan lain lain . tindakan medis sekecil apapun akan sangat berpengaruh jika mempunyai resiko medis yang sangat tinggi .

READ  Berapa, Sih, Gaji Dokter Spesialis? Yuk, Simak Ulasan Ini!

Sumbergambar: fakultashukumandalas2008.blogspot.com