Berapa, Sih, Gaji Dokter Spesialis? Yuk, Simak Ulasan Ini!

Sumber: Detikhealth.com

Siapa, sih, yang tidak ingin memiliki gaji yang tinggi? Banyak yang mencari pekerjaan yang menawarkan gaji tinggi karena banyaknya kebutuhan hidup yang harus dipenuhi dan tidak pernah ada habisnya. Ada beberapa profesi dengan gaji yang tinggi, antara lain pilot pesawat komersial, ahli pertambangan, ahli teknik informatika, dokter spesialis, dan lainnya.

Dokter adalah salah satu pekerjaan yang memiliki gaji yang cukup tinggi. Tak jarang, banyak sekali yang ingin menjadi seorang dokter. Namun, sepadan dengan biaya ketika memutuskan untuk menempuh pendidikan di bidang ini. Seperti yang diketahui, biaya untuk masuk ke dalam pendidikan kedokteran tidaklah sedikit. Banyak yang rela melakukan apa saja untuk bisa memasuki pendidikan ini. Selain membutuhkan biaya yang sangat besar, pendidikan ini juga membutuhkan waktu yang sangat lama. Meski begitu, tak mengurangi minatnya masyarakat untuk berkecimpung dalam dunia kedokteran.

READ  Fibrilasi Atrium Adalah Penyakit Jantung. Bagaimana Pencegahannya?

Ada banyak sekali bidang yang bisa ditemui dari pendidikan kedokteran, salah satunya dokter spesialis. Banyak yang bilang bahwa gaji dokter spesialis lebih besar. Benarkah itu?

Dilansir dari halaman lifestyle, dokter spesialis termasuk ke dalam kategori 6 pekerjaan dengan gaji tertinggi dan juga menempati posisi ke-8 dari 15 profesi lainnya.

Berdasarkan penelitian di Amerika Serikat, sebagian besar dokter memiliki penghasilan lebih dari $ 300.000 atau setara dengan 4,5 miliar per tahunnya. Bagaimana dengan gaji dokter spesialis di Indonesia? Berikut ulasannya!

  1. Dokter mata memiliki penghasilan 3,7 miliar per tahun atau $ 250.000.
  2. Dokter bedah darurat dengan penghasilan 4,7 miliar atau $ 314.000.
  3. Dokter bedah plastik dan anestesiolog dengan penghasilan 5,3 miliar per tahun atau $ 350.000.
  4. Ahli radiologi memiliki penghasilan 5,6 miliar per tahun atau $ 374.000.
  5. Ahli jantung memiliki penghasilan 5,8 miliar per tahun atau $ 382.000.
  6. Ahli bedah ortopedi dengan penghasilan 6,8 miliar per tahun atau $ 450.000.
READ  Apa itu hukum kesehatan ?

Menurut laporan, lebih dari 19.200 dokter pada 27 spesialisasi, kompensasi tahunan yang didapatkan oleh ahli bedah ortopedi mencapai 7,4 miliar atau $ 489.000.

Dilansir dari halaman alphapay, gaji seorang dokter spesialis adalah kisaran 20 juta sampai 3 miliar per tahunnya. Namun, tak semuanya memiliki gaji atau pendapatan yang sama. Seperti pada dokter jantung yang mana bisa memiliki pendapatan sekitar 100-300 juta per bulannya. Lain lagi dengan dokter bedah tumor.

Menurut penelitian, seorang dokter bedah tumor bisa mendapatkan penghasilan sekitar 110-120 juta per harinya dengan melakukan operasi 1-2 operasi besar serta 1 operasi kecil. Wah, bisa bayangkan berapa yang bisa didapatkan seorang dokter bedah tumor sebulannya? Sangat fantastis!

READ  Ini Lho Gejala Gangguan Elektrolit Yang Bisa Kamu Kenali

Gaji dokter spesialis lebih besar lagi jika bekerja di rumah sakit swasta. Salah satu contohnya adalah dokter kandungan yang bekerja di rumah sakit swasta bisa mendapatkan penghasilan 70 juta per bulannya. Lalu, untuk dokter anestesi bakal mendapatkan penghasilan sebesar 50 juta per bulan. Untuk dokter anak akan menghasilkan uang sebesar 55 juta per bulan. Bagaimana jika per tahun, ya?

Sedangkan menurut detikhealth, profesi dokter sangat sejahtera karena punya keahlian dan bisa bekerja di 3 tempat sekaligus.

Meski seorang dokter spesialis memiliki gaji yang berbeda-beda pada setiap bidangnya, tidak ada yang bisa mengetahui secara pasti kecuali dokter itu sendiri mengenai gaji yang didapatkan. Namun, Anda bisa mengira-ngira gaji seorang dokter spesialis setelah membaca ulasan ini.

Nah, itulah perkiraan gaji dokter spesialis. Apakah Anda tertarik?