Gangguan Elektrolit Adalah Masalah Yang Berbahaya

Gangguan elektrolit adalah suatu keadaan di daman di dalam tubuh seseorang, kadar elektrolitnya tidak stabil, bisa menjadi terlalu banyak ataupun terlalu sedikit. Elektrolit di dalam tubuh yaitu sebuah unsur yang alami dan terdapat di dalam tubuh yang bermanfaat sebagai pelindung organ-organ penting sehingga bisa bekerja dengan normal.

Contoh organ yang menggunakan elektrolit seperti fungsi pada otak, kontraksi pada otot, serta irama pada detak jantung. Jika elektrolit tidak stabil, maka akan mengganggu kinerja dari organ-organ tersebut. Bahkan, pada orang yang sudah mengalami ketidakstabilan dari elektrolit secara parah akan mengalami kejang-kejang sampai gagal jantung.

Lalu, mengapa seseorang bisa mengalami ketidakstabilan kadar elektrolit? Secara umum, orang yang mengalami elektrolit yang tidak stabil adalah karena kekurangan cairan tubuh. Sebab dari kurangnya cairan tubuh bisa karena keluarnya kadar keringat yang berlebih, sering muntah dan terus menerus, juga mengalami diare untuk jangka waktu panjang.

READ  Berapa, Sih, Gaji Dokter Spesialis? Yuk, Simak Ulasan Ini!

Menurut alodokter.com, ada beberapa jenis elektrolit yang bisa menjadi penyebab elektrolit tidak stabil. Berikut ini merupakan penjelasan dari dua jenis elektrolit dan mengenai penyebab mengapa bisa terjadi kekurangan dan kelebihan kandungannya. Yuk, disimak!

Fosfat

Fungsi dari fosfat di dalam tubuh adalah untuk membuat lapisan pada sel, dan membuat tulang serta gigi menjadi kuat. Ketika tubuh kekurangan fosfat maka akan menyebabkan banyak masalah pada tubuh. Penyebab untuk kekurangan fosfat atau bisa disebut juga dengan hipofosfatemia dan menjadi gangguan elektrolit adalah komplikasi yang terjadi ketika mengidap diabetes, kurangnya vitamin D, luka bakar dengan tingkat yang berat, diare tahap kronis, sering mengonsumsi alkohol, dan lain-lain.

Untuk orang yang mengalami terlalu banyak memiliki kandungan elektrolit di dalam tubuhnya, akan memunculkan masalah pada tulang serta otot. Tidak hanya itu, akan membuat resiko terkena serangan jantung lebih meningkat. Pengidap pun bisa terkena stroke dadakan ketika mengalami kelebihan fosfat. Berlebihnya kandungan elektrolit pada tubuh disebut juga dengan hiperfosfatemia.

READ  Kenali Secara Singkat Mengenai Gelar Dokter Spesialis

Penyebab dari dari hiperfosfatemia adalah komplikasi yang terjadi saat pengobatan untuk kanker, memiliki kadar kalsium yang rendah, mengalami gagal ginjal yang kronis, cedera pada otot, mengalami sesak napas, serta akibat dari penggunan obat pencahar yang memiliki kandungan fosfat di dalamnya secara berlebihan pada tubuh.

Klorida

Klorida merupakan elektrolit yang berfungsi sebagai penyebaran impuls saraf dan juga untuk menjaga kestabilan dari pH di dalam tubuh. Yang bisa menyebabkan berlebihnya kandungan klorida dan bisa menjadi gangguan elektrolit adalah adanya masalah pada pH di dalam darah, mengalami gagal ginjak baik akut maupun kronis. Bisa juga dengan mengonsumsi acetazolamide dalam jangka waktu yang panjang.

Berbeda dengan kurangnya klorida yang terdapat di dalam tubuh, yang penyebabnya adalah muntah-muntah dan diare pada waktu yang panjang. Untuk pengidap yang memiliki penyakit yang kronis seperti gagal jantung, ketidakstabilan pH di dalam darah, adanya penyakit yang sudah kronis di dalam paru-paru pun bisa menjadi penyebab untuk kurangnya klorida.

READ  Sertifikat petugas kesehatan

Dengan terlalu banyak mengonsumsi obat-obatan pencahar bisa membuat seseorang mengalami kekurangan elektrolit. Obat-obatan lain yang dapat menjadi penyebab kekurangan elektrolit atau disebut juga dengan hipokloremia yaitu bikarbonat, diuretik, kortikosteroid,  dan lain sebagainya.

Masih ada beberapa jenis elektrolit yang bisa kamu ketahui agar bisa menjaga untuk tetap stabil. Kamu bisa mencari tahu dengan melakukan konsultasi pada dokter, dan meminta resep agar elektrolit tetap terjaga.

Gangguan elektrolit adalah gangguan yang memang harus kamu waspadai karena bisa menjadi sangat berbahaya. Itulah sedikit penjelasan mengenai elektrolit, semoga artikel ini bermanfaat, ya..