Ini Lho Gejala Gangguan Elektrolit Yang Bisa Kamu Kenali

Elektrolit merupakan unsur yang alami terdapat di dalam tubuh setiap manusia yang berfungsi sebagai pengendali organ-organ tubuh. Sedangkan menurut hellosehat.com, elektrolit adalah cairan mineral yang berada di dalam tubuh dan terurai membentuk menjadi ion-ion.  Yang termasuk ke dalam elektrolit antara lain mineral seperti klorida, magnesium, fosfat, kalium, kalsium, dan natrium.

Kandungan elektrolit di dalam tubuh manusia harus stabil atau seimbang, karena jika tidak, maka akan menimbulkan masalah pada tubuh. Gejala gangguan elektrolit yang dialami oleh pengidap bermacam-macam. Karena disesuaikan apakah tubuh mengalami kekurangan elektrolit atau sebaliknya mengalami kelebihan kandunga elektrolit. Maka dari itu, pada gangguan elektrolit ringan, pengidap tidak akan merasakan tanda yang aneh di dalam tubuh.

Nah, untuk pengidap yang mengalami gangguan elektrolit, umumnya akan merasakan gejala-gejala seperti tubuh yang lesu dan tidak juga membaik, mengalami mual-mual serta muntah, kejang-kejang, mengalami sembelit atau sebaliknya justru diare, detak jantung yang semakin cepat dan tidak memiliki aturan, otot-otot menjadi kram dan kaku, merasakan geli di kulit, bisa juga menjadi mati rasa, serta munculnya kedutan. Pengidap pun menjadi lebih mudah marah.

READ  Sertifikat petugas kesehatan

Selain gejala-gejala di atas yang secara umum dirasakan oleh pengidap, ada pula gejala yang yang menyesuaikan berdasar jenis pada mineralnya masing-masing. Berikut ini ulasannya, yuk disimak!

Klorida

Klorida merupakan suatu zat yang berfungsi untuk menjaga kestabilan antara asam dan basa yang ada di dalam tubuh. Apabila tubuh mengalami kekurangan zat ini, maka tubuh akan terus merasa lesu, dehidrasi, muntah-muntah, diare, serta sulitnya bernapas. Sedangkan jika kelebihan klorida, gejalanya kurang lebih sama dengan gejala umum.

Magnesium

Fungsi dari magnesium ialah untuk mengatur fungsi dari saraf, kontraksi pada otot, dan denyut pada jantung. Gejala gangguan elektrolit yang satu ini jika kekurangan adalah seperti yang terjadi jika kekurangan kalium dan kalsium. Jika kelebihan, maka akan muncul perubahan pada denyut jantung, terganggunya sistem pernapasan, serta tekanan darah yang menurun.

READ  Berapa, Sih, Gaji Dokter Spesialis? Yuk, Simak Ulasan Ini!

Fosfat

Kenormalam pada fungsi tubuh berasal dari fosfat yang stabil. Sayangnya, baik kekurangan maupun kelebihan fosfat pada tubuh tidak memiliki gejala yang lebih spesifik sehingga orang akan menganggap bahwa diri mereka baik-baik saja.

Kalium

Kalium adalah zat mineral yang memiliki fungsi untuk menjaga kondisi fungsi dari jantung, sistem-sistem saraf, serta otot. Ketika kalium mengalami ketidakstabilan baik itu kekurangan maupun kelebihan, jika masih rendah pengidap tidak akan merasakan gejala apa pun.

Akan tetapi, ketika kekurangan atau kelebihan dari kalium ini terus saja berlanjut, maka gejala gangguan elektrolit ini pun akan muncul dan diarasakan oleh pengidap. Contoh gejala yang terjadi jika seseorang kekurangan atau kelebihan kalium yaitu detak jantung yang berdetak lebih cepat dibandingkan dengan biasanya. Untuk orang yang terlalu kekurangan elektrolit di dalam tubuhnya akan mengalami gejala yang lebih parah seperti kejang-kejang.

READ  Kenali Secara Singkat Mengenai Gelar Dokter Spesialis

Kalsium

Seperti yang sering muncul pada informasi-informasi kesehatan, kalsium berguna untuk kekuatan tulang dan juga gigi. Namun, tidak hanya itu kalsium pun bisa menjaga agar tekanan darah tetap stabil serta tidak terjadi kontraksi pada otot. Kekurangan kalsium yang terus berlanjut akan mengakibatkan berubahnya warna pada rambut, kuku, dan kulit meski ketika masalah ringan muncul tidak timbul gejala apa pun. Jika kelebihan, maka akan menimbulkan masalah pada sistem saraf.

Natrium

Natrium berfungsi sebagai mengatur kontraksi pada otot serta sistem saraf. Kekurangan natrium akan membuat kepala sakit, muncul rasa mual, muntah, kelelahan, kejang-kejang, sampai koma. Begitu pula jika kelebihan natrium, gejala yang muncul pun mirip hanya saja ditambah dengan selalu merasa kehausan.

Itulah ulasan mengenai gejala gangguan elektrolit yang mesti kamu waspadai. Semoga artikel ini bermanfaat, ya.