Kenali Secara Singkat Mengenai Gelar Dokter Spesialis

Yuk, Kenali Secara Singkat Mengenai Gelar Dokter Spesialis. Sudah Tahu?

Menurut halaman alodokter, gelar dokter spesialis diberikan kepada seorang dokter yang sudah menempuh dan menyelesaikan program Pendidikan Spesialisasi Ilmu Penyakit Dalam. Ilmu ini adalah ilmu kedokteran di mana tugasnya menangani orang dewasa dan lansia. Tugasnya menangani masalah penyakit non-bedah serta mencakup seluruh tubuh manusia dengan berbagai gejala penyakit.

Ada beberapa tindakan medis yang bisa dilakukan oleh dokter spesialis, di antaranya:

  1. Mengevaluasi dan mendiagnosis gejala penyakit pada tubuh seseorang.
  2. Melakukan pemeriksaan fisik dan menilai hasil pemeriksaan penunjang, seperti pemeriksaan darah, pemeriksaan fungsi paru, foto rontgen, USG, CT scan, dan lainnya.
  3.  Memberikan layanan kesehatan dan pencegahan dasar.
  4. Memberikan penanganan pada kondisi kritis dan darurat medis.
  5. Memberikan pengobatan terkait mengenai diagnosis pasien.

Gelar dokter spesialis memiliki beberapa keterampilan klinis sesuai dengan bidangnya masing-masing. Berikut ulasannya!

  1. Bidang Tropik Infeksi
READ  Fibrilasi Atrium Adalah Penyakit Jantung. Bagaimana Pencegahannya?

Keterampilan klinis yang dilakukan oleh dokter pada bidang ini adalah pengambilan sampel darah, nanah, urine, penggunaan antibiotik, pengendalian resistensi antibiotik, dan pencegahan infeksi nosokomial.

  1. Bidang Reumatologi

Dokter dengan gelar ini bisa melakukan pengambilan cairan sendi, melalukan pemberian obat suntikan pada sendi, dan memberikan tata laksana yang berkaitan dengan penyakit reumatologi.

  1. Bidang Pulmonologi

Dokter bisa melakukan tes fungsi pada paru, terapi uap, terapi oksigen, interpretasi pemeriksaan rontgen dada, dan pengambilan cairan dalam rongga paru.

  1. Bidang Ginjal Hipertensi

Dokter pada bidang ini bisa melakukan pemasangan kateter folley dan cuci darah.

  1. Bidang Alergi Imunologi Klinik

Dokter dengan gelar spesialis bidang ini bisa melakukan vaksinasi pada orang dewasa, dan melakukan tes alergi pada obat atau zat tertentu.

Selain lima gelar dokter spesialis di atas, masih banyak lagi keterampilan klinis yang bisa dilakukan oleh dokter sesuai dengan bidangnya. Lalu, apa peran dan tugas dokter spesialis? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

  1. Mendiagnosis dan menangani penyakit yang terjadi pada orang dewasa dan lansia.
  2. Memberikan pemahaman tentang kesehatan secara umum, seperti cara menjaga kesehatan dan mencegah penyakit.
  3. Memberi rekomendasi tentang perawatan penyakit yang diderita oleh pasien.
READ  Berapa, Sih, Gaji Dokter Spesialis? Yuk, Simak Ulasan Ini!

Dilansir dari halaman halosehat, gelar dokter spesialis bisa ditambahkan oleh sub spesialis yang diambil tanpa menghilangkan gelar spesialisnya. Contoh, Sp.Ak dengan kepanjangan Spesialis Akupunktur Klinik, Sp.B dengan kepanjangan Spesialis Bedah, Sp.A dengan kepanjangan Spesialis Anak, dan masih banyak lagi contohnya.

Dalam menemui seorang dokter spesialis, Anda harus mempertimbangkan beberapa hal di bawah ini.

  1. Lokasi dan Jarak Rumah Sakit

Hal ini harus diperhatikan. Apakah letak rumah sakit yang ingin dikunjungi sangat dekat atau jauh. Jika jauh, ada baiknya untuk mencari rumah sakit yang terdekat sehingga saat gejala penyakit muncul tiba-tiba, Anda bisa mendapatkan tindakan medis secara cepat.

  1. Meminta Rekomendasi Dokter Penyakit Dalam
READ  Gangguan Elektrolit Adalah Masalah Yang Berbahaya

Hal kedua yang harus Anda perhatikan adalah dokter itu sendiri. Jika Anda adalah tipe yang tidak mudah percaya dengan dokter, ada baiknya untuk meminta rekomendasi pada orang lain. Biasanya pasien akan mencari seorang dokter yang hangat dan bersahabat sehingga lancar dalam proses komunikasi.

  1. Fasilitas dan Pelayanan

Hal selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah mengenai fasilitas dan pelayanan baik dari rumah sakit dan dokter. Jika fasilitas dan pelayanan diberikan dengan baik, pasien akan merasa tenang dan membantunya dalam proses pemulihan.

  1. Asuransi dan BPJS

Bagi Anda yang terkendala pada uang, bisa mencari dokter dan rumah sakit yang bisa menggunakan asuransi atau BPJS sehingga Anda tidak perlu khawatir akan masalah uang.

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai gelar dokter spesialis.

Sumber: Hipwee.com